anoqnews kik yanto
  • 15/04/2024
  • Last Update 14/04/2024 20:06
  • Indonesia

Berdayakan Pekarangan Rumah, Gemawira Pulau Belitung Latih Warga Desa Lassar Kembangkan Bawang Merah

Berdayakan Pekarangan Rumah, Gemawira Pulau Belitung Latih Warga Desa Lassar Kembangkan Bawang Merah

BELITUNG, ANOQ NEWS – Memanfaatkan halaman pekarangan rumah sebagai sumber penghasilan keluarga menjadi fokus utama Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) Pulau Belitung dalam pelatihan Peningkatan Hasil Produksi Tanaman Pangan di Desa Lassar, Kecamatan Membalong, pada hari Jumat (8/3/2024).

BACA JUGA : Permata BKMT Desa Air Merbau Dilantik, Siap Berperan Aktif di Masyarakat

Kegiatan ini sejalan dengan program Ketahanan Pangan Keluarga (KPK) yang dicanangkan pemerintah, bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan ketahanan pangan masyarakat di tingkat desa.

Pelatihan kali ini menyasar tanaman bawang merah Belitong, yang dikenal dengan kualitasnya yang unggul dan diminati pasar. Dipandu oleh Haryanto, atau akrab disapa Pak Cik Macat, seorang instruktur berpengalaman, para peserta diajarkan berbagai teknik budidaya bawang merah yang optimal, mulai dari pemilihan bibit, pengolahan lahan, penanaman, hingga panen dan pascapanen.

“Kami ingin setiap desa memiliki halaman pekarangan yang produktif dengan komoditas yang berbeda-beda,” ujar Pak Cik Macat.

Antusiasme tinggi terlihat dari para peserta, Kelompok Tani maupun ibu-ibu PKK Desa Lassar. Mereka antusias mengikuti materi pelatihan dan mempraktikkan langsung teknik-teknik yang diajarkan.

“Kami sangat senang dengan pelatihan ini. Bawang merah Belitong memiliki potensi ekonomi yang besar, dan dengan pelatihan ini, kami berharap dapat meningkatkan hasil panen dan meningkatkan pendapatan keluarga,” ungkap salah satu peserta. (Red)

Tetap terkini dengan informasi terbaru, ikuti kikyanto.com di Google News

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *