anoqnews kik yanto
  • 14/04/2024
  • Last Update 14/04/2024 11:10
  • Indonesia

GEMAWIRA: Mendorong Ekonomi Kerakyatan melalui Kewirausahaan dan Bazar Mandiri UMKM

GEMAWIRA: Mendorong Ekonomi Kerakyatan melalui Kewirausahaan dan Bazar Mandiri UMKM

Belitung, kikyanto.com – Kehadiran GEMAWIRA di Kabupaten Belitung memiliki peran penting dalam pengembangan pariwisata di Pulau Belitung. Banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Ekonomi Kreatif (Ekraf) membutuhkan dukungan dalam mengembangkan bisnis mereka. Start-up ini tidak hanya memiliki misi nasional, tetapi juga fokus pada tugas lokal yang meliputi pendataan, pengembangan, dan pemasaran produk-produk UMKM Belitung secara lebih luas.

Salah satu manfaat kerjasama dengan GEMAWIRA adalah peluang bagi UMKM Belitung untuk berpartisipasi dalam bazar di luar daerah tanpa harus hadir secara fisik. Perwakilan GEMAWIRA Kabupaten Belitung bertindak sebagai agen pemasaran produk-produk UMKM mitra dalam bazar tersebut.

Haryanto, yang dikenal juga dengan nama Pak Cik Macat, merupakan salah satu pendiri dan penggerak utama GEMAWIRA Kabupaten Belitung. Ia berharap dengan registrasi dan pemenuhan persyaratan yang ada, produk-produk UMKM Belitung dapat merambah pasar internasional.

“Pelaku UMKM Belitung diharapkan dapat memasuki pasar internasional dengan terdaftar dan mematuhi persyaratan yang berlaku,” ujar Pak Cik Macat.

Pada awal tahun 2023, GEMAWIRA Kabupaten Belitung berhasil menyelenggarakan Bazar Mandiri UMKM Gemawira di pantai wisata Tanjung Pendam selama 5 hari (4-8 Januari 2023). Acara bazar ini melibatkan 100 pelaku UMKM di Pulau Belitung dan menunjukkan kesatuan komunitas GEMAWIRA.

Baca juga : Pesona Belitung Beach Festival 2023: Mendukung UMKM dan Budaya Lokal

Sekretaris GEMAWIRA, Adhiwira, menjelaskan bahwa GEMAWIRA menjadi harapan bagi pelaku UMKM dalam mencapai kemandirian. Mereka saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan memberikan dukungan satu sama lain. GEMAWIRA mendorong semangat kewirausahaan tanpa memandang skala usaha yang dijalankan. Dengan programnya, diharapkan GEMAWIRA dapat menjadi mitra pemerintah dalam memenuhi kebutuhan ruang kerja secara mandiri.

“Para pelaku UMKM Belitung selalu mendapatkan dukungan dari pemerintah, terutama Pemda dan pemerintah pusat, melalui berbagai program dan kegiatan tertentu. Dukungan semacam ini sangat membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas produk, pelayanan kepada pelanggan, dan pertumbuhan omzet,” jelas Adhiwira, Minggu (4/06/2023).

Laman: 1 2

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *