anoqnews kik yanto
  • 14/04/2024
  • Last Update 14/04/2024 11:10
  • Indonesia

Menggali Semangat Nasionalisme melalui Kaderisasi Tingkat Dasar GMNI Bangka Belitung

Menggali Semangat Nasionalisme melalui Kaderisasi Tingkat Dasar GMNI Bangka Belitung

Pangkalpinang, kikyanto.com – Dalam rangka memperkuat kaderisasi dan semangat nasionalisme, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Bangka Belitung menggelar Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) 2023 pada tanggal 1-3 Juni 2023 di UPTD BLKI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara pembukaan KTD DPC GMNI Bangka Belitung dihadiri oleh Husin S.Pd, Ketua DPD PA GMNI Bangka Belitung, bersama dengan anggota PA GMNI Bangka Belitung, PWPM Bangka Belitung, BEM UBB, dan Jumiarti Ketangrejo, Wakil Sekretaris Jenderal DPP GMNI melalui zoom.

Ketua Pelaksana KTD DPC GMNI Bangka Belitung, Safa, menjelaskan bahwa tema KTD kali ini adalah “Menciptakan jiwa nasionalisme yang humanis melalui semangat gotong royong dan menjadikan pemimpin yang berkarakter”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan para kader GMNI yang memiliki semangat nasionalisme dalam menghadapi perubahan zaman serta memiliki sikap gotong royong sebagai manifestasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Alam, selaku Ketua DPC GMNI Bangka Belitung, juga menekankan pentingnya KTD ini bagi kader GMNI sebagai pemahaman akan nilai-nilai ajaran GMNI. Oleh karena itu, KTD berfungsi sebagai proses indoktrinasi kader untuk mengubah sikap, mental, kepribadian, dan cara berpikir calon kader agar menjadi kader yang ideologis, progresif, revolusioner, dan berkepribadian.

Alam juga menyampaikan bahwa kegiatan KTD bertujuan agar para kader GMNI memahami, meyakini, dan mampu menerapkan marhaenisme dalam kehidupan pribadi dan sosial melalui materi-materi yang disampaikan selama KTD.

Jumiarti, Wakil Sekretaris Jenderal DPP GMNI, memberikan sambutan kepada peserta KTD dan mengucapkan selamat serta sukses atas pelaksanaan KTD tersebut. Dia berharap bahwa melalui KTD ini, DPC GMNI Bangka Belitung dapat melahirkan kader-kader yang progresif, revolusioner, dan menjadi pemikir-pejuang. Peserta KTD diharapkan dapat belajar dengan sungguh-sungguh dari para senior dan pemateri, sehingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi diri sendiri, bangsa, dan negara. Semoga semangat juang Bung Karno terus terjaga dalam kegiatan ini.

Selain itu, Ketua Panitia Pelaksana KTD, Safa, menjelaskan bahwa KTD ini berlangsung selama 3 hari dan akan berakhir pada hari Sabtu. Materi KTD disampaikan oleh para senior GMNI Bangka Belitung, Walhi Bangka Belitung, AJI Pangkalpinang, dan akademisi di Bangka Belitung dengan total 9 materi kaderisasi.

Husin, Ketua DPD PA GMNI Bangka Belitung, menyampaikan pentingnya peserta KTD untuk mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh. Dalam momentum hari lahir Pancasila, proses KTD penting untuk merefleksikan dan mendiskusikan pentingnya memahami Pancasila dalam pengkaderan di GMNI. Husin secara resmi membuka KTD DPC GMNI Bangka Belitung dan berharap agar kader GMNI yang mengikuti KTD dapat mengimplementasikan materi kaderisasi dalam kehidupan sehari-hari dan dalam berbaur dengan masyarakat. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *