anoqnews kik yanto
  • 19/05/2024
  • Last Update 02/05/2024 20:35
  • Indonesia

Kejuaraan Bulutangkis PBSI Beltim Open Babel 2023

Kejuaraan Bulutangkis PBSI Beltim Open Babel 2023

Belitung Timur, Anoq News – Sebanyak 310 atlet bulutangkis telah mengambil bagian dalam Kejuaraan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Belitung Timur Open Babel 2023. Seluruh peserta berasal dari klub-klub di Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung.

Pada hari Senin (19/6/23), Bupati Beltim, Burhanudin, secara resmi membuka kejuaraan ini dengan memukul shuttlecock di GOR Utama Komplek Olahraga Dispora Kabupaten Beltim. Kejuaraan ini akan berlangsung selama 5 hari.

Ketua PBSI Kabupaten Beltim, Sarjano, mengungkapkan bahwa kejuaraan ini diikuti oleh 20 klub bulutangkis yang ada di Provinsi Babel. Setiap Kabupaten/Kota mengirimkan minimal satu klub.

“Semua Kabupaten/Kota di Babel ikut berpartisipasi. Kita menggunakan sistem kompetisi gugur, dan kejuaraan ini akan berlangsung selama 5 hari hingga mencapai babak final,” jelas Sarjano.

Pertandingan ini mencakup 6 Nomor Kategori Usia, yaitu Tunggal Usia Dini, Tunggal Anak-Anak, Tunggal Pemula, Tunggal Remaja, Tunggal Taruna, dan Ganda Umum.

“Semua nomor ini terbuka untuk putra maupun putri. Jumlah pendaftar terbanyak ada pada nomor Kelompok Usia Tunggal Pemula Putra dengan total 45 peserta,” ungkap Sarjano.

Seluruh atlet yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini secara otomatis akan terdaftar sebagai atlet PBSI Pusat. Hal ini disebabkan karena kejuaraan ini menggunakan Sistem Informasi PBSI.

“Ini merupakan kali pertama di Provinsi Babel. Jadi, semua pendaftar kejuaraan ini akan dimasukkan dalam Sistem Informasi PBSI Pusat,” ujar Sarjano.

Ketua Pengurus Provinsi PBSI Babel, Johan Daniel, mengatakan bahwa biasanya kejuaraan yang diselenggarakan oleh PBSI Kabupaten/Kota hanya terbuka untuk atlet yang berasal dari daerah tersebut. Namun, di bawah kepemimpinannya, PBSI secara keseluruhan mengambil langkah maju dengan menyelenggarakan kejuaraan terbuka untuk atlet dari seluruh Provinsi.

“Kita melakukan terobosan baru. Kita dapat melihat partisipasi sebanyak 310 peserta, yang menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk ikut serta, baik dari usia anak-anak maupun para veteran,” kata Johan.

Sebagai seorang pengusaha asal Bangka, Johan menyatakan bahwa setelah kejuaraan ini, Pengprov PBSI akan menyelenggarakan Kejuaraan tingkat Provinsi di Belitung. Dia berharap agar PBSI di seluruh Babel dapat menyelenggarakan lebih banyak kejuaraan bulutangkis, dengan tujuan untuk meningkatkan minat, semangat, dan pengalaman bertanding para atlet.

“Kita ingin memanfaatkan masa liburan ini dengan kegiatan positif seperti kejuaraan, terutama untuk meningkatkan jam terbang para atlet dalam pertandingan,” ujar Johan.

Acara pembukaan Kejuaraan Bulutangkis PBSI Beltim se-Open Babel 2023 dihadiri oleh Ketua KONI Beltim, Kamarudin, Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Beltim, Febby Sandranita, serta pengurus PBSI dari Kabupaten/Kota se-Babel. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *