anoqnews kik yanto
  • 16/06/2024
  • Last Update 12/06/2024 20:40
  • Indonesia

Kembangkan Pariwisata di Pulau Belitung dengan Camping Ground yang Menarik

Kembangkan Pariwisata di Pulau Belitung dengan Camping Ground yang Menarik

Belitung, kikyanto.com – Ajakan dari Founder Komunitas Campervan Belitong.

Founder Komunitas Campervan Belitong, Danu Berata, mengajak pengelola tempat wisata untuk menyediakan fasilitas Camping Ground sebagai salah satu daya tarik wisata di pulau Belitung.

Menurut Danu, Camping Ground menjadi salah satu daya tarik wisata yang belum banyak mendapat perhatian dari para pengelola tempat wisata saat ini, meskipun peminatnya terus mengalami perkembangan yang signifikan.

“Kami terus melihat perkembangan, aktivitas camping ini terus diminati, namun sayangnya lokasi camping di Belitung masih sangat terbatas,” ujar Danu.

Danu menilai kegiatan camping bersama keluarga dan menggunakan campervan sangat cocok untuk menikmati sekaligus memperkenalkan tempat-tempat wisata yang ada di desa-desa. Terlebih lagi, pemerintah terus mendorong konsep “satu desa satu tempat wisata.”

“Camping ground ini bisa menjadi alternatif bagi pengelola wisata, karena tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membangunnya. Cukup menyediakan kebutuhan air bersih dan toilet saja serta tidak memerlukan pelayanan layaknya penginapan,” tambah Danu.

“Saya sudah keliling Sumatera dan Jawa, banyak sekali saya menjumpai camping ground yang sederhana sekali, hanya toilet dan air bersih saja,” ungkap Danu saat Gathering Campervan Belitung ke-IV yang diselenggarakan pada Sabtu (03/05/2023) di Desa Bantan, Kecamatan Membalong.

Lebih lanjut, Danu menambahkan bahwa akses kendaraan untuk kendaraan roda empat menuju ke lokasi camping juga sangat membantu, terutama bagi keluarga yang melakukan camping dan menggunakan campervan. Biasanya mereka membutuhkan peralatan yang cukup banyak, mulai dari tenda, kasur, hingga peralatan masak. Rata-rata, banyak yang menggunakan mobil untuk mengangkut peralatan tersebut.

“Bukan gaya-gayaan pake mobil, hanya saja kalau camping keluarga, peralatan yang dipakai itu banyak, jadi lebih memudahkan,” ungkap Danu. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *